Rabu, 21 September 2011

MouseHunt (facebook game) review

*Tiup terompet* --MouseHunt--
Logo game MouseHunt




MouseHunt merupakan web-game yang gamer bisa akses melalui akun Facebook. Game ini dikembangkan oleh HitGrab, Inc, dengan Bryan Freeman dan Joel Auge sebagai direktor-nya. Game ini menjalani beta testing pada tahun 2007 dan dirilis secara resmi pada tahun 2008. Gamenya sebenarnya simpel, tapi juga kompleks dan bikin ketagihan. 


Bagaimana sih game ini? Mari kita lihat satu persatu.


Story and Gameplay (8/10)


Gamer bermain sebagai seorang hunter di sebuah kerajaan bernama Gnawnia (nama yang cukup unik, bukan? ) yang diberi tugas oleh raja untuk menangkap tikus-tikus yang merajalela, di bawah bimbingan Larry, knight kerajaan Gnawnia. Hmm...simpel sekali ceritanya yah? Memang game ini tidak menitik beratkan pada cerita.
Larry! Knight yang baik hati juga menawarkan hunter untuk travel gratis ke Meadow




Gameplay game ini sangat sederhana dan membutuhkan kesabaran. Dasarnya, sebagai hunter, gamer perlu membuat trap (=jebakan untuk menangkap tikus). Trap terdiri dari beberapa bagian. Bagian yang harus ada adalah base (=dasar), weapon (=senjata), dan cheese (=keju). Bagian yang kadang diperlukan adalah charm. 


Terdapat berbagai jenis trap untuk menangkap berbagai jenis tikus. Ada jenis: Physical, Tactical, Shadow, Arcane, Hydro, Forgotten, Draconic dan Parental. Ada beberapa jenis tikus yang lemah terhadap trap tipe Tactical namun kuat terhadap tipe Physical, ada pula sebaliknya. Trap-trap ini bisa gamer beli di shop atau dengan Crafting yang (tentu saja) bahan-bahannya gamer kumpulkan sendiri. Bahan-bahan tersebut bisa didapat dari beberapa jenis tikus, gift dari gamer lain, maupun beli di shop.
Weks! Salah! Bukan trap yang ini!

Yang ini contohnya. Mouse Mary O'Nette Trap. Unik kan!


Masing-masing trap mempunyai attribute tertentu yang menentukan efektifitasnya dalam menangkap jenis-jenis tikus, yaitu: power, luck, attraction bonus dan cheese effect.


Jenis kejunya pun bervariasi. Awalnya gamer dapat membeli (urutan dari termurah ke termahal) Cheddar, Marble, Swiss dan Brie. Gamer juga dapat membeli SuperBrie+ dengan Facebook point atau membayar dengan credit card sungguhan (jadi bayar dengan uang sungguhan). Ada juga keju yang bisa didapat dari gift, misalnya Mozarella Cheese. Namun, seperti halnya Trap, ada juga keju-keju yang memerlukan Crafting bahan-bahan untuk mendapatkannya seperti: Radioactive Blue Cheese (wuah! keju macem apa tuh?!). Seperti halnya trap, beberapa jenis keju diperlukan untuk menangkap jenis-jenis tikus khusus.
Wiggler Mouse: "Cepat kasih saya keju!"


Dalam game ini, gamer membuat/membeli trap dan keju untuk menangkap tikus-tikus dan mendapatkan gold (mata uang dalam game tersebut), points, serta point untuk persentase naik level untuk menaikkan Rank game, mulai dari rank Novice yang terendah, Apprentice, Initiate, Journeyman, Master, Grandmaster, dan masih terus lagi.


Cara mainnya mudah. Untuk login, gamer cukup buka game ini lewat facebook ataupun lewat www.mousehuntgame.com. Cukup masukkan username dan password akun facebook yang gamer punya. Gamer cukup menklik logo terompet yang muncul setiap 15 menit (real time) sekali untuk mengaktifasi trap dan menangkap tikus. Sistem di game ini secara otomatis juga mengecek trap setiap 1 jam sekali untuk melihat apakah ada tikus yang tertangkap. Jadi gamer tidak perlu terus-terusan mengklik terompet setiap 15 menit sekali. Ditinggal pun tidak apa, asalkan keju yang dipakai untuk umpan tidak habis. 


Lokasi huntingnya pun ada banyak sekali. Mulai dari Meadow, Town of Gnawnia, Windmill, Harbour, Mountain, Calm Clearing dan sebagainya. Masing-masing lokasi mempunyai jenis-jenis tikus yang unik-unik membuat gamer jadi betah memainkan game ini terus menerus. Belum lagi gamer harus menangkap jenis tikus tertentu yang dapat memberikan potongan map piece atau key untuk membuka lokasi baru. Menarik bukan?
Wah! Saya dapat kunci ke lokasi baru: Town of Digby!




Untuk dapat traveling ke lokasi-lokasi tertentu, gamer perlu naik level menjadi rank tertentu. Inilah gunanya menangkap tikus sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan point naik level. Dan untuk dapat mendapatkan tikus-tikus yang mahal, diperlukan trap yang lebih kuat, karena itu gamer juga butuh menangkap tikus sebanyaknya untuk mengumpulkan gold.


Pada awal game ini, dengan rank Novice, gamer diberi dua pilihan trap: Tacky Glue Trap dan High Tension Spring Trap untuk menangkap tikus di lokasi awal: Meadow. Tangkap tikus sebanyaknya untuk naik level dan mengumpulkan gold serta point untuk membeli trap yang lebih kuat untuk menangkap tikus yang lebih kuat dan lebih banyak menghasilkan gold serta point. Awalnya demikian, namun perlahan gamer butuh menangkap tikus-tikus yang jenisnya lebih unik untuk mendapatkan map piece atau bahan-bahan untuk membuat keju untuk menangkap tikus-tikus yang lebih spesifik lagi. Begitu terus menerus. 


Ini namanya High Tension Spring Trap


Game ini adalah game yang pasif serta melatih kesabaran dan rasa ingin tahu, karena gamer akan sering mengalami trap yang tidak berhasil menangkap tikus, atau bahkan tikus yang lolos sambil mencuri point, keju, atau gold! Belum lagi perlu waktu yang cukup lama untuk mengumpulkan gold, point maupun naik level. Bila gamer tidak sabaran mungkin akan segera meninggalkan game ini. Namun banyak hal-hal menarik dalam game ini yang bisa membuat gamer ketagihan dan terus memainkannya. Oh ya, game ini juga ada versi bahasa Indonesia-nya, loh!
Ada juga macem gini. Bionic Mouse. Iron Man versi tikus kali ya??


Apalagi game ini dapat dimainkan di mana saja dan kapan saja. Bisa lewat komputer, laptop, warnet, hotspot bahkan handphone. Betul! Handphone. Kini terdapat mobile version dalam mousehunt yang dapat dibuka lewat (tergantung jenis handphonenya) berbagai jenis browser. Hal ini bisa membuat gamer gatal untuk mengecek trap dan meniup terompet setiap 15 menit sekali. 


Hal yang menarik lainnya lagi, terdapat bonus-bonus dan tikus-tikus tertentu yang hanya terdapat pada event-event publik tertentu, misalnya Natal, Halloween dan sebagainya.


Graphic and Illustrations (8/10)


Memang tidak seperti game-game yang spesifik untuk console, game ini tidak mempunyai graphic. Namun ilustrasi-ilustrasinya patut diacungi jempol karena gambar-gambarnya cukup menarik dan bagus. Malah sangat kreatif karena banyak gambar-gambar trap dan tikus-tikus yang di luar dugaan. Terutama jenis-jenis tikusnya yang unik-unik, lucu, dan aneh. 


Memang tidak ada gambar karakter (tidak ada gambar raja), yang ada hanya karakter bernama Larry yang jadi mentor kita dan memberikan beberapa tips.


Sound (N/A)


Tidak ada sound apapun dalam game ini, jadi tidak saya nilai.


Longevity dan Multiplayer (8,5/10)


Game ini membutuhkan waktu yang sangat panjang. Untuk naik level saja, kadang gamer membutuhkan waktu 2-3 hari real time untuk naik level ke rank selanjutnya. Bahkan makin tinggi rank-nya makin lama untuk naik level. Namun apakah jadi bosan? Saya rasa tidak. Karena ada banyak sekali target gamer dalam memainkan game ini. Salah satunya adalah mengumpulkan gold dan point untuk membeli trap baru. Lainnya adalah mengumpulkan map-piece untuk membuka lokasi-lokasi baru, mengumpulkan bahan-bahan untuk membuat keju dan trap baru, atau mungkin mengoleksi semua jenis tikus yang pernah ditangkap. Bahkan mungkin gamer ingin mencapai rank tertinggi.
Kerajaan Gnawnia yang luaaas




Game ini juga punya fitur multiplay, lho. Tidak kompleks. Singkatnya, setiap hunter yang sedang hunting tikus di lokasi yang sama terhitung sebagai multiplayer. Jadi dengan hunt bersama-sama, gamer mendapat chance yang lebih besar untuk menangkap tikus. Gamer juga dapat saling berbagi gift yang berguna seperti Radioactive Sludge, Mozarella Cheese, Stale Cheese dan masih banyak lagi. Dan setiap kali gamer menangkap tikus jenis baru, gamer dapat berbagi charm dengan hunter lain, begitu pula sebaliknya.


Keuntungannya memainkan webgame adalah selain waktunya fleksibel, juga terdapat update-update tertentu yang membuat game ini lebih baik lagi atau menawarkan hal-hal baru, tikus-tikus baru, lokasi hunting yang baru, dan sebagainya.


Editor's tilt (8/10)


Awal saya dikenalkan kepada game ini oleh teman-teman saya. Saya belum pernah bermain webgame apalagi yang terdaftar dalam game facebook. Setelah teman-teman saya menunjukkan betapa lucu dan menariknya game ini, akhirnya saya pun mencoba memainkannya. Toh bila tidak saya teruskan juga tidak ada penaltinya. 
Mutated White Mouse: Awas kalo ga main! Saya gigit nanti! *becanda*


Setelah saya mencoba, saya jadi makin tertarik dan ketagihan! Tikusnya lucu-lucu banget! Belum lagi trap-trapnya yang unik-unik (kadang kelihatan seram sih...). Setiap bangun tidur, mengecek trap dan membunyikan terompet adalah salah satu aktifitas-aktifitas pertama saya (saya ngaku...). Ada perasaan senang setiap kali ada tikus yang tertangkap dan melihat gold saya bertambah. Belum lagi perasaan terkejut dan saya jadi tertawa setiap kali menangkap jenis tikus baru yang rupanya unik banget. Setiap kali memasuki lokasi baru, saya pasti akan berpikir dengan penasaran "wah, tikus apalagi yah yang bisa ditangkep di sini".
Bear Mouse. Ini tuh Beruang atau tikus? Tikus atau beruang?
Swiss Army Mousetrap. Ini buat bikin tikus cincang kali ya??
Shaman Mouse. Ada pula tikus yang cosplay begini...


Game ini adalah game yang cukup menghibur dan bisa mengisi waktu luang, misalnya ketika saya sedang menunggu, sedang browsing atau buka-buka facebook, atau bahkan ketika saya sedang menulis review seperti ini ! Saya selalu menunggu saat untuk meniup terompet untuk mengaktifkan trap saya! *tiup terompet*


"Mouseion Impossible"
Total Score: 32,5/40

1 komentar:

  1. sip gan ane jg suka bgt ni game tp gag sampe kecanduan bgt .... paling2 sehari sekali doank buat auto horn perjam nya gag mati ajah .....

    BalasHapus